Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaKuliah Umum dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja

Kuliah Umum dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja

Kuliah Umum dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja

Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti melaksanakan Kuliah Umum dengan Tema “Pembinaan Narapidana sebagai wujud Peran Negara dalam mewujudkan Manusia Indonesia Seutuhnya”. Dalam Kuliah Umum ini menghadirkan Narasumber Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja (Bapak Risman Somantri, A.Md.IP, SH.,MH). Kuliah Umum dilaksanakan pada tanggal 1-10-2019 di Aula Universitas Panji Sakti dan dibuka langsung Dekan Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa Kuliah Umum sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester Ganjil untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pelaksanaan dan penegakan hukum yang terjadi, khususnya di Kabupaten Buleleng. Harapan dari Kuliah Umum ini mahasiswa tidak hanya tahu dan paham tentang teori tetapi juga mengerti tentang praktik hukum yang sudah atau sedang berjalan di masyarakat. Sebelumnya sudah dilaksanakan Kuliah Umum dari Badan Pertanahan Kabupaten Buleleng, Kepolisian Resor Buleleng dan Kejaksanaan Negeri Buleleng.

Dalam pemaparannya, Kalapas Kelas IIB Singaraja menyampaikan tentang proses pembinaan yang selama ini dilakukan di LP Kelas IIB Singaraja termasuk kendala-kendala yang dihadapi saat melaksanakan pembinaan di LP. Kalapas juga menekankan bahwa narapidana yang ada di LP Kelas IIB Singaraja dibekali dengan ketrampilan-ketrampilan diantaranya: membuat bokor, batako, cuci motor, laundry dan lain-lain serta memberikan pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan tujuan pembinaan, yang tidak lagi sebatas menjerakan tetapi memberikan pembinaan kepada para warga binaan agar kelak kembali lagi ke masyarakat tidak lagi mengulangi perbuatanya. Kalapas juga berharap UU Pemasyarakatan yang baru segera disahkan untuk menjawab atau mengatasi kendala-kendala yang selama ini dialami lapas dalam melakukan pembinaan.

Peserta Kuliah Umum yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti sangat antosias mengikuti kegiatan terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada Narasumber, diantaranya berkaitan dengan masalah-masalah yang selama ini terjadi di beberapa lembaga pemasyarakatan, pemenuhan hak-hak narapidana, pendapat narasumber berkaitan dengan RUU Pemasyarakatan dan banyak lagi persoalan-persoalan lain yang ditanyakan kepada Narasumber.

Kuliah Umum ditutup dengan Ramah Tamah

Share With:
shares