Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeCivitasPelaksanaan Magang Mahasiswa Tahun 2020

Pelaksanaan Magang Mahasiswa Tahun 2020

Pelaksanaan Magang Mahasiswa Tahun 2020

Kegiatan akhir dari mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti semester akhir di samping melakukan penelitian dalam rangka penyusunan Skripsi, juga diwajibkan melaksanakan kegiatan praktik lapangan berupa Magang di instansi pemerintah maupun swasta pada bidang yang bersentuhan dengan hukum. Magang ini dilaksanakan selama 3 bulan di luar kampus dan di bawah bimbingan Pembimbing Magang.

Kegiatan magang bertujuan untuk memberikan seperangkat kemampuan kepada mahasiswa berkenaan dengan aktivitas nyata pada dunia kerja atau dunia usaha. Hal ini akan memberikan gambaran sesungguhnya tentang dunia kerja yang di dalamnya terjadi akomodasi berbagai konsep dan teori dengan persoalan-persoalan praktis yang dihadapi serta upaya pemecahannya. Program magang diharapkan akan menjembatani dua aktivitas belajar yakni antara belajar teori di kampus dengan kondisi nyata yang ada di lapangan.

Program magang berisi sejumlah materi yang ingin dicapai yang secara garis besar dapat dikelompokkan dalam 3 kompetensi, yaitu: Kompetensi Profesional, Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial.

  1. Kompetensi Profesional; merupakan kecakapan kerja dalam bidang hukum yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Lingkup garapan profesional ini difokuskan dalam beberapa bidang yang berkaitan dengan profesi hukum.
  2. Kompetensi Personal; merupakan kemampuan mahasiswa dalam membentuk pribadinya, yang meliputi: a. Kedewasaan dalam berfikir dan bertingah laku; b. Kemandirian dalam bersikap; c. Antusias dalam bekerja; d. Memiliki disiplin yang tinggi; e. MEmiliki atensi yang tingi terhadap pekerjaan.
  3. Kompetensi Sosial; menitikberatkan kepada kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan lingkungan, baik lingkungan kampus, maupun lingkungan kerja dan masyarakat. Kompetensi sosial ini dapat diamati gejalanya lewat intensitas hubungan antara sesama mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan masyarakat baik orang-orang pekerja maupun masyarakat umum yang berurusan dengan profesi hukum.

Kompetensi yang diharapkan tercapai tersebut akan dinilai oleh atasan di tempat magang. Juga ada penilaian dari Pembimbing Magang terkait dengan penyusunan laporan, yang terkait dengan sistematika atau tata cara penulisan laporan, pendiskripsian data dan pembahasan atau analisis

Share With:
shares